Tuesday, January 6, 2009

2. SISTEM KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR
Pada program akselerasi di SMAN 1 Bekasi pendekatan kegiatan belajar mengajar diarahkan kepada terwujudnya proses belajar tuntas (mastery learning). Selain itu strategi pembelajarannya diarahkan untuk dapat memacu siswa aktif dan kreatif sesuai dengan bakat, minat dan kemampuannya masing-masing dengan memperhatikan keselarasan dan keseimbngan tujuan pembelajaran yang akan dicapai, pengembangan kreativitas dan disiplin, pengembangan persaingan dan kerjasama, pengembangan kemampuan holistik dan kemampuan berpikir elaborasi, pelatihan berpikir induktif dan deduktif serta dengan pengembanan IPTEK dan IMTAQ secara terpadu.
Dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajar, guru menekankan kepada hal-hal antara lain sebagai berikut
pelayanan individual siswa (bukan klasikal)
menggunakan buku paket, buku pelengkap, buku referensi dan modul
menggunakan LKS yang dibuat sendiri
menggunakan sarana audio visual (multi media)
menggunakan sarana laboratorium (lab. kimia, lab. fisika, lab. biologi, lab. bahasa, lab. komputer) sesuai dengan kebutuhannya.
melakukan kunjungan ke objek-objek tertentu yang sesuai dengan mata pelajaran yang sedang dipelajari.
memberikan kesempatan pada siswa untuk belajar di luar kegiatan sekolah formal dengan cara melalui media lain seperti belajar melalui radio, televisi, internet, CD-ROM, wawancara pakar, kunjungan ke musium dan sebagainya.

3. SISTEM EVALUASI
Evaluasi yang dilakukan untuk siswa program akselerasi pada dasarnya sama dengan yang dilakukan pada program reguler, yaitu untuk mengukur ketercapaian materi (daya serap) sejalan dengan prinsip belajar tuntas. Sistem evaluasi pada program akselerasi meliputi
3.1. Ulangan harian
Dalam satu catur wulan setiap guru minimal memberikan ulangan harian sebanyak dua kali. Bentuk soalnya dititik beratkan pada bentuk uraian.
3.2. Ulangan Kenaikan Kelas
Ulangan kenaikan Kelas diberikan lebih cepat dibandingkan siswa reguler, sesuai dengan kalender pendidikan program akselerasi.
3.3. Ujian Akhir
Ujian Akhir (UN) diikuti oleh siswa program akselerasi pada tahun kedua.

4. LAPORAN HASIL PENDIDIKAN (RAPOR)
Laporan hasil pendidikan (rapor) siswa program akselerasi mempunyai format yang sama dengan siswa program reguler. Pembagian dan tanggal pemberiannya sesuai dengan kalender pendidikan program akselerasi.

5. SARANA DAN PRASARANA
Untuk dapat terselenggaranya program akselerasi di SMA N 1 Bekasi dengan baik, maka diperlukan sarana dan prasarana yang memadai yaitu

5.1. Prasarana Belajar
a. Ruang kelas (rasio1:25) dengan formasi tempat duduk yang mudah dipindah- pindah (moving) sesuai dengan kebutuhan.
b. Lab. IPA (Fisika, Kimia, Biologi), Lab. IPS, Lab. Bahasa, Lab. Komputer Lab. Multimedia dan Ruang perpustakaan.
c. Aula pertemuan.
d. Lapangan Olah Raga.
5.2. Sarana Belajar
a. Sumber belajar seperti: buku paket, buku pelengkap, buku referensi, buku bacaan, majalah, koran, modul, lembar kerja, kaset vidio, VCD, CD-ROM.
b. Media pembelajaran, seperti: radio, cassette recorder, TV, OHP, wireless, slide projector, LD/VCD/DVD player, komputer.
5.3. Pembiayaan
Dana yang diperlukan pada program akselerasi relatif lebih besar dari pada dana yang diperlukan dalam program reguler. Oleh karena itu kerjasama dan partisipasi dari pihak orang tua atau pihak lain yang mempunyai kepdeluaian yang tinggi terhadap pendidikan, juga didukung oleh keberadaan Komite Sekolah diharapkan dapat menunjang keberhasilan pelaksanaan program akselerasi di SMA Negeri 1 Bekasi.




------

No comments:

Post a Comment