Sunday, May 15, 2011

Panduan Workshop Eskalasi Kurikulum CI SMAN 1 Bekasi

Kata Pengantar

Dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan, khususnya pada pendidikan bagi anak yang memiliki kecerdasan istimewa SMAN 1 Bekasi melalui Prongam peningkatan mutu pendidikan mengadakan workshop Bintek Kurikulum Bagi siswa cerdas istimewa Workshop tersebut dimaksudkan sebagai saran penunjang pembelajaran di SMAN 1 Bekasi, maka diperlukan kreativitas yang tinggi dari para guru, orang tua , masayarakat dan peserta didik sendiri.

Seperti halnya yang terdapat pada setiap lembaga pendidikan, maka tugas guru adalah mengembangkan logika, etika dan estetika serta perpaduan ketiganya untuk diterapkan sesuai dengan kemampuan (kompetensi) peserta didik secara optimal

Akhirnya kami sebagai panitia berharap workshop tersebut dapat dilaksanakan dengan acuan ini.
















PENDAHULUAN

A. LATAR BELAKANG
Peran pendidikan sangat menentukan perkembangan suatu bangsa. Pendidikan diharapkan mampu mengantarkan peserta didik menjadi pribadi yang unggul dan dapat menghadapi kehidupan di masa yang akan datang. Lebih lanjut dunia pendidikan dituntut untuk mempersiapkan peserta didik dalam mewujudkan berbagai potensi dirinya sebagai peserta didik yang cerdas, kreatif serta mandiri. Oleh karena itu pendidikan harus berorientasi pada pembentukan generasi muda yang mandiri dengan memberikan pendidikan yang bermutu.
Pendidikan yang bermutu mencakup dua dimensi yaitu orientasi akademis dan keterampilan hidup yang esensial. Tolok ukur dimensi orientasi akademis adalah prestasi akademik peserta didik, sedangkan tolok ukur orientasi keterampilan hidup (life skill) adalah pendidikan yang dapat membuat peserta didik dapat bertahan (survive) di kehidupan nyata.
Pendidikan harus disesuaikan dengan bakat dan kemampuan peserta didik, implikasinya adalah bahwa peserta didik yang memiliki kecerdasan dan/atau bakat-bakat istimewa diperlukan layanan pendidikan khusus. Perlunya perhatian khusus pada peserta didik yang memiliki kecerdasan dan/atau bakat istimewa melalui program layanan pendidikan khusus yang diharapkan mampu mengembangkan potensi peserta didik secara utuh dan optimal.
Pengembangan potensi secara optimal memerlukan strategi yang sistematis dan terarah. Tanpa layanan pembinaan yang sistematis terhadap peserta didik yang berpotensi cerdas istimewa dan/atau berbakat istimewa, maka terwujudnya keunggulan akan sangat bergantung pada motivasi belajar peserta didik serta lingkungan belajarnya.
Perhatian khusus kepada peserta didik yang berpotensi cerdas istimewa dan/ atau berbakat istimewa selaras dengan fungsi utama pendidikan, yaitu mengembangkan potensi peserta didik secara utuh dan optimal. Pengembangan potensi peserta didik cerdas istimewa dan/atau berbakat istimewa bertujuan mengaktualisasikan seluruh potensi keistimewaan tanpa mengabaikan keseimbangan kecerdasan spiritual, intelektual, emosional, sosial, estetik, kinestetik dan kecerdasan lain. Di samping itu program pendidikan khusus bagi peserta didik yang memiliki potensi kecerdasan dan/atau bakat istimewa dapat berupa program percepatan dan/atau pengayaan (PP no. 17 tahun 2010, pasal 134 dan 135).
Atas dasar amanat etrsebut diatas, maka dalam rangka peningkatan mutu pendidikan SMAN 1 akan melaksanakan bintek kurikum bagi siswa cerdas istimewa pada tanggal 20-23 Desember 2010 di SMAN 1 Bekasi.
B. DASAR
1. Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional:
a. Bab II Pasal 3
b. Bab IV Pasal 5 ayat 4
c. Bab V Pasal 12 ayat 1 huruf (f)
d. Bab VI Pasal 32 ayat 1
2. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia no. 17 tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan
3. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No 70 tahun 2009 tentang pendidikan inklusif bagi peserta didik yang memilik kelainan dan memiliki potensi kecerdasan dan/atau bakat istimewa
4. DIPA Direktorat Pembinaan SLB No. 0035.0/023-031/-/2009 tanggal 31 Desember 2009

C. TUJUAN

Kegiatan Workshop Bimbingan Teknis Kurikulum bagi peserta didik cerdas istimewa (CI) SMAN 1 Bekasi dilaksanakan dengan tujuan :
1. Meningkatkan kemampuan praktik guru yang menangani layanan pendidikan bagi anak cerdas istimewa dalam pengembangan kurikulum (KTSP)
2. Meningkatkan kemampuan praktik guru yang menangani layanan bagi anak yang memiliki kecerdasan istimewa dalam penguasaan penerapan proses belajar mengajar yang berkarakter sesuai dengan siswa Cerdas Istimewa Pendidikan Menengah.
3. Meningkatkan pengetahuan guru yang menangani layanan bagi anak yang memiliki cerdas Istimewa (CI) dalam domain pengembangan potensi tingkat lanjut melalui penerapan eskalasi kurikulum CI

D. HASIL YANG DIHARAPKAN

Hasil yang diharapkan dari kegiatan ini adalah
1. Tersusunnya SK/KD eskalasi bagi Siswa CI
2. Tersusunnya Silabus eskalasi bagi siswa CI
3. Tersusunnya RPP bagi siswa CI
4. Tersusunnya model pengujian bagi siswa CI
5. Tersusunnya Model Pengembangan Karakter Siswa CI

E. WAKTU DAN TEMPAT PELAKSANAAN
Kegiatan ini dilaksanakan :
Hari, Tanggal : : Senin 20 Desember s/d Kamis 23 Desember 2010
Tempat : SMAN 1 Bekasi
Jalan K.H Agus Salim 181 Bekasi Timur

F. SASARAN
Sasaran dari workshop penyusunan dan pemanatapan penunjang pendidikan keberbakatan bagi anak cerdas istimewa, melibatkan 2 (orang) nara sumber, 2 instruktur dan 35 peserta yang terdiri dari unsur-unsur berikut :
a. Kepala Sekolah (1)
b. Wakasek (1)
c. Ketua Program (1)
d. Sekertaris Program (1)
e. Guru BP (2)
f. Wali kelas (2)
g. Guru bidang Studi (23)
h. TU (2)
G. SUMBER DANA
Anggaran workshop Bintek Eskalasi Kurikulum CI SMAN 1 Bekasi berasal dari Anggaran Subsidi Operasional CIBI Drektorat PLB tahun anggaran 2010

H. NARA SUMBER
Nara Sumber berasal dari :
a. Universitas Muhammadiyah Solo (UMS)
b. Universitas Negeri Jakarta (UNJ)

I. MEKANISME PENYELENGGARAAN
a. Pembukaan
b. Nara sumber memberikan pengarahan berdasarkan analisis kebutuhan layanan pendidikan bagi anak cerdas istimewa
c. Instruktur memberikan informasi, pandangan dan masukan terkini terkait dengan pengembangan program pendidikan bagi anak cerdas istimewa
d. Instruktur dan peserta membahas dan menuyusn pengembangan program pendidikan bagi anak cerdas istimewa
e. Pemaparan rekomendasi.

J. PENUTUP
Demikian proposal ini kami buat dengan harapan adanya dukungan dari berbagai pihak sehingga dapat membantu terselenggaranya program kelas Cerdas istimewa

No comments:

Post a Comment